Produk terbaru :
Home » » Tips Mengatasi Masalah / Keterlambatan Pengiriman

Tips Mengatasi Masalah / Keterlambatan Pengiriman

{[['']]}
Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman Toko Online dalam menerima keluhan dari pelanggan tentang masalah pengiriman.
Hampir 85% masalah pengiriman adalah kesalahan / kelalaian pihak jasa pengiriman (Tiki/JNE), tapi sayangnya pelanggan tidak mengerti dan selalu menyalahkan toko online 100% selaku pihak pengirim paket.

Harapan kami setelah membaca artikel ini, pelanggan mendapat informasi yang berimbang dan lebih bijak dalam menyikapi masalah kiriman.


"Setelah berbelanja online, produk / barang akan dikirim melalui pihak jasa pengiriman Tiki/JNE karena mereka, 2 perusahaan yang terbaik dan terbesar saat ini. Tapi sayangnya, 2 perusahaan jasa pengiriman ini umumnya TERLINDUNGI dari kesalahan / kelalaian mereka, karena tidak bersentuhan langsung dengan pelanggan / penerima paket."
 

Setiap terjadi masalah / keterlambatan dalam kiriman, pelanggan biasanya KUATIR, PANIK dan langsung MENYALAHKAN Toko Online selaku pihak pengirim paket.



Untuk mengatasi masalah pengiriman, baca tips berikut dan tetaplah tenang :

Pada saat berbelanja
  1. Pastikan Nama penerima paket BENAR dan dikenal oleh orang di alamat yang dituju. Terkadang pelanggan menggunakan nama Mr. X tapi di alamat yg dituju biasanya dikenal dengan nama / sebutan Mr. Y
  2. PASTIKAN Anda memasukkan alamat dengan lengkap dan benar misalnya : Nama Jalan, No Rumah, RT/RW, Kota, Provinsi dan Kode Pos
  3. Masukkan juga keterangan tambahan agar mudah ditemukan, misalnya: sebelah toko XX, Dekat pabrik yy, Masuk dari jalan ZZ
  4. Jika Anda menggunakan alamat kantor / pabrik / instansi tempat anda bekerja, tambahan keterangan: Bagian XX, Divisi YY, Jabatan Anda
  5. Pastikan No Telp & HP Anda benar dan aktif

Setelah Paket dikirim oleh toko Online
  1. Pastikan Anda mendapatkan bukti kiriman berupa no resi / airway bill / cannnote / no kiriman lainnya
  2. Pastikan Anda mengetahui dikirim via jasa pengiriman Tiki / JNE / lainnya
  3. Tracking no kiriman Anda via web

Lama pengiriman normal dari layanan JNE 
JNE Reg : 2 s/d 8 hari kerja dari tgl kirim, tergantung kota tujuan
Contoh: Jakarta 1-2 hari kerja, Irian 7-8 hari
JNE Yes : 1 s/d 2 hari kerja  dari tgl kirim, tergantung kota tujuan

Ongkos kirim JNE dan lama pengirimannya bisa dicek di


JNE http://www.jne.co.id

Tiki http://www.tiki-online.com




Masalah yang timbul dalam Pengiriman
Sebaiknya langsung menghubungi pihak Jasa Pengiriman untuk mendapatkan pelayanan dan informasi yang lengkap
Hubungi langsung pihak Tiki/JNE untuk melaporkan atau minta bantuan kepada toko online untuk membantu Anda.

JNE
web http://www.jne.co.id
Telp CS (021) 2927.8888

Tiki
Web http://www.tiki-online.com
Telp CS (021) 500.125 (updated per Oktober 2012)


PERHATIAN !!!
Artikel halaman ini adalah bagian dari web TOKO ONLINE ASYIKBELANJA.COM
Bukan halaman web dari TIKI atau JNE

Pertanyaan tentang masalah pengiriman TIKI/JNE hanya dilayani untuk pelanggan Toko Online AsyikBelanja. Jika Anda bukan pelanggan silahkan langsung menghubungi pihak TIKI/JNE


Berikut masalah klasik yang sering terjadi dalam pengiriman :

1. Mengapa saat tracking di web JNE/Tiki, no kiriman saya tidak ada / Data Not Found ?
Pihak Tiki/JNE memerlukan waktu untuk mengentry data kiriman Anda biasanya setelah 12-24 jam akan muncul di web JNE/Tiki.
Jika setelah 24 jam dari Anda menerima no kiriman Anda, hubungi toko online untuk melaporkan ke Tiki/JNE.
Terkadang data kiriman Anda tidak terinput oleh pihak Tiki/JNE. Tapi paket Anda tetap terkirim.

2. Status kiriman  'Criss Cross' apa artinya ?
Nama & Alamat pada no kiriman tidak sesuai dengan Nama & Alamat pada paket, biasanya tertukar dengan paket lain.
Hal ini terjadi Karena kesalahan/kelalaian pihak Tiki/JNE, menyebabkan paket mengalami keterlambatan biasanya 2-4 hari kerja.

3. Status kiriman 'Mis Route' apa artinya ?
Paket Anda terkirim ke kota yang salah, misalnya tujuannya kota Padang tapi terkirim ke kota Medan.
Hal ini terjadi Karena kesalahan/kelalaian pihak Tiki/JNE, menyebabkan paket mengalami keterlambatan 2-5 hari kerja tergantung rutenya.

4. Saya mengecek tracking, paket saya sudah tiba di kota saya, tapi sudah lebih dari 2 hari tidak sampai ?
Silahkan cek langsung ke Tiki/JNE di kota Anda sebutkan no kiriman Anda, untuk mengetahui status detil dari kiriman Anda.
Ada kemungkinan alamat Anda belum tidak ditemukan / masalah teknis lainnya di lapangan.

5. Status kiriman saya paket sudah diterima, tapi saya tidak menerima paket tersebut ?
Pastikan Anda mengcek dahulu kepada orang yang ada di alamat anda, apakah ada paket untuk anda.
Jika tidak ada, langsung hubungi Tiki/JNE di kota Anda laporkan masalah Anda.
Pihak Tiki/JNE akan mengcek ke kurir yang mengantar paket Anda, apakah diantar ke alamat yang benar / tidak.

6. Paket saya dinyatakan hilang oleh Tiki/JNE, apa diganti ?
Hal ini adalah 100% kesalahan pihak Tiki/JNE, pihak Tiki/JNE hanya mengganti 5x s/d 10x dari ongkos kirim Anda.
Asuransikan paket Anda jika berbelanja dalam jumlah besar, karena toko onilne tidak mungkin mengganti paket anda yang hilang.

7. Paket saya belum tiba, lebih dari 1 minggu  / lebih lama dari biasanya ?
Silahkan cek status melalui tracking via web / telp Tiki/JNE

8. Status kiriman  'Redelivery / reschedule', apa artinya ?
Kemungkinan alamat Anda belum ditemukan atau sudah diantar tapi tidak ada orang di alamat yang dituju
Telp Tiki/JNE di kota Anda untuk status detilnya

9. Saya membayar kiriman via JNE Yes / Tiki ONS (kilat) tapi mengapa status tracking berubah menjadi layanan regular ?
Biasanya hal ini terjadi, bila alamat Anda tidak termasuk dalam wilayah antaran Tiki ONS / JNE Yes, jadi otomatis dirubah menjadi Tiki/JNE Regular oleh pihak Tiki/JNE
Pastikan alamat Anda masih berada di kota besarnya (bukan di luar atau pinggiran kota), sebelum menggunakan jasa JNE YES / Tiki ONS.

10. Saya telp CS Tiki/JNE, tapi selalu mendapat nada sibuk / tidak diangkat ?
Harap bersabar, memang benar sangat sulit untuk telp CS tiki/JNE pada jam kerja. Cobalah beberapa menit / jam kemudian

11. Status kiriman  'Kemalaman tidak diantar kurir' dan sudah 1 minggu tidak sampai, apa artinya ?
Segera hubungi JNE atau toko online untuk meminta bantuan untuk ditracking paket Anda. Ada kemungkinan paket Anda dinyatakan HILANG oleh JNE. Asuransikan paket Anda jika berbelanja dalam jumlah besar, karena toko onilne tidak mungkin mengganti paket anda yang hilang.

12. Status kiriman 'Nama Tidak Dikenal / Unknown consignee', apa artinya ?
Artinya paket sudah tiba di alamat tujuan, tapi nama penerima tidak dikenal oleh orang di alamat tujuan.
Biasanya hal ini terjadi, karena nama penerima lebih dikenal dengan julukan / nama lain di alamat tujuan.
Pastikan Anda menitip pesan untuk orang yang berada di alamat tujuan, agar menerima paket atas nama Anda.
Atau tuliskan nama Anda dan julukan/nama yang dikenal di alamat tujuan contoh: Nama Anda Asli (Nama Julukan), Mr XX ( Mr YY)
Untuk Anda yang memakai alamat kantor / pabrik / instansi lainnya, lengkapi dengan bagian / divisi / jabatan Anda, Contoh: Bagian keuangan, Divisi III, Bagian IT dan lainnya.

13. Status kiriman 'Alamat tidak ditemukan / Bad Address', apa artinya ?
Alamat Anda tidak ditemukan oleh kurir JNE, kemungkinan alamat Anda tidak lengkap, misalnya nomor rumah / RT / RW / Keluruhan / Kecamatan. Pastikan Anda memberikan alamat dengan lengkap, jika perlu berikan patokan-patokan khusus agar lebih mudah ditemukan, contoh: Sebelah sekolah YY, Ruko warna XX, Rumah Bapak YY, Belakang pabrik XX, Masuk dari jalan ZZ dan lainnya



Demikian Tips mengenai kiriman, besar harapan kami pelanggan mendapat informasi yang berimbang, tetap tenang dan tidak emosi jika mengalami masalah dalam pengiriman.
Bagikan artikel/ produk ke :

Posting Komentar

 
Dukungan : Pusat Grosir | Pusat Kosmetik | Pusat Perlengkapan
Copyright © 2011. Pusat Grosir Perlengkapan - All Rights Reserved
Layanan Affiliate Dropship Member
Halaman Utama Pusat Grosir